Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Kamis, 09 Agustus 2012

Bijak menggunakan THR >>> Dinar oriented


THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan sesuatu yang paling ditunggu-tunggu sebagian besar masyarakat kita yang notabene  berstatus sebagai karyawan. Pemerintah sendiri melalui Menakerstrans telah mengeluarkan Surat Edaran mengenai THR yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada karyawannya paling lambat H-7 sebelum lebaran. Tentu saja suntikan dana tersebut harus benar-benar kita kelola dengan baik, agar sehabis lebaran kita tidak menderita kantong kering

Sudah menjadi rahasia umum, jika menjelang lebaran kebutuhan kita akan meningkat drastis. Mulai persiapan untuk jamuan lebaran, baju lebaran, membayar zakat, dan masih banyak lagi. Untuk itu perlu perencanaan yang matang agar uang THR tidak menguap begitu saja. Lantas bagaimana kita memanfaatkan uang THR tersebut?

1. Buatlah perencanaan belanja kebutuhan selama bulan puasa dan lebaran
Selama bulan puasa, kebutuhan dapur kita akan meningkat. Pun demikian saat lebaran nanti. Selain makanan dan minuman untuk jamuan puasa dan lebaran, membeli baju untuk lebaran (khususnya untuk anak-anak) menjadi prioritas utama. Namanya juga anak-anak, pasti menuntut baju baru saat lebaran. Sekarang ini banyak sekali toko-toko yang menggelar discount atau potongan harga. Namun jangan terbuai dengan besaran discount yang ditawarkan. Tapi lihat manfaat dari barang yang hendak anda beli. Bandingkan juga harga barang yang hendak anda beli dengan toko lain untuk mendapatkan harga sejenis namun tetap murah.

2. Jika anda memiliki hutang (credit card, cicilan motor, rumah, atau mobil) bayarlah cicilan anda tersebut terlebih dahulu. Mumpung dapat THR, sehingga nanti sehabis lebaran anda tidak perlu pusing dengan berbagai macam tagihan.

3.  Anggarkan pengeluaran Zakat, dan sedekah
Zakat fitrah dan zakat harta serta sedekah memang menjadi kewajiban kita. Jadi persiapkan dana untuk membayarnya.  Jika kita memiliki asisten rumah tangga, perhitungkan juga untuk membayar  THR mereka.

4. Jika masih ada sisa, anggarkan juga untuk biaya perawatan dan perbaikan rumah
Mengecat kembali dinding rumah bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih, sehingga saat lebaran tiba rumah kita akan kelihatan bersih dan bisa juga menciptakan suasana yang baru dengan interior yang sedikit berbeda.

Namun yang terpenting adalah kewajiban kita (berpuasa dan berzakat) terpenuhi, dan jalinan silaturamhi dengan tetangga, serta handai taulan tetap terjalin baik.

Lalu bagaimana hubungannya dengan dinar emas?...apabila THR sudah didapat..coba kita bagi porsi seperberapa dari THR kita untuk menyimpan dalam bentuk dinar emas...Insya Allah dengan dinar emas,,,uang THR kita tidak sepenuhnya habis terpakai,,dan nilainya naik tiap tahunnya,,,bahkan bisa kita nikmati kembali di lebaran tahun depan...

Wallahu alam bisshawab....

0 komentar:

Posting Komentar