Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Kamis, 29 Agustus 2013

Harga emas semakin naik...Nilai rupiah semakin anjlok...So what gitu loooooooooo????


Orang kita memang aneh yaaaa?

Tahun 2011, ketika emas sudah mulai tembus 480 ribu, kita berbondong2 belanja emas. Masih ingat kan antrian di toko2 emas ? Masih ingat juga kan begitu langkanya emas, sampai2 website Antam cuma keluar daftar harga tapi barang kosong semua ? 

Tapi tahun 2013 ini, cuma selisih 2 tahun lho, ketika emas sudah lebih dari 3 hari tembua 500 ribu, kita malah tenang2 saja. Toko2 emas masih sedia stok lumayan banyak. Stok di Antam hanya pecahan 4 gr dan 250 gr yg kosong, sisanya available.

begitu juga dengan dinar emas...saat bulan puasa kemaren sekeping sampai anjlok di harga 1,7 juta,,,alhamdulillah hari ini menggapai di harga 2,2 juta lebih,,,,walaupun terakhir di awal tahun pernah juga di harga 2,350 juta...




Ada apakah ? 
Mungkin itulah uniknya bangsa kita, cepat sekali adaptasi thd krisis dan perubahan. Pdhl market global sdh heboh berburu emas, tapi kita asik2 aja sibuk pilkada di mana2 hehe. Gak heran oleh PBB kita disebut "resilient country" alias bandel dan tahan banting luar biasa. 

Krisis ? Ah, itu mah udh biasa.... :)
 
Harga emas naik ? So what gitu loh....

Eh, jangan sampe melewatkan peluang di depan mata dan menyesal belakangan lho. Rupiah makin lemah, emas makin mahal, gak pegang emas bisa runyam.

Memang seberapa besar sih peluang kenaikan emas ? 

Ingat gak kenapa tahun 2011 emas sampai tembus USD 1,900? Krn ada 4 faktor : 
1) krisis debt ceiling AS, 
2) diwali di India, 
3) krisis subprime mortgage, dan 
4) krisis hutang eropa.

Nah, bgm dg tahun ini ? Diwali sih saya prediksi tdk akan terlalu mendorong harga emas, krn India sdg hancur rupeenya dan pajak impor emas sdh terlalu tinggi. Tapi setidaknya ada 3 faktor yg perlu kita cermati lho :

1) 2 bulan lagi tepatnya pertengahan Okt, AS bakal mengulang krisis debt ceiling lagi. Persis spt thn 2011. Skrg Obama sdh woro2 bakal minta kenaikan batas hutang, krn batas hutang AS sdh nyaris mentok. Investor emas dunia sdh siap ancang2 kalau emas bakal makin naik.

2) Krisis Mesir dan Syria. Keduanya sdh terbukti mendorong harga minyak dunia menanjak, dan biasanya kalo minyak makin mahal, emas juga makin tinggi. Apalagi AS sdh siap2 mau menyerang Syria. Biasanya kalau AS turun perang, gak lama lagi emas melambung. Ingat jaman perang teluk.

3) Dollar AS sdg mahal di Indonesia, gara2 The Fed katanya mau menghentikan  QE3 (biarpun menggantung gak jelas) dan kebetulan ekonomi kita defisit. Dlm hal ini kondisi kita mirip dg India deh, emas bakal terasa makin mahal di pasar lokal.

Apakah emas bakal tembus USD 1,900/oz lagi ? Belum tentu, krn faktor penekan harga emas jg cukup kuat, yakni penghentian QE3 dan dropnya demand India.

Tapi bayangin deh ! Dulu ketika emas di USD 1,900 dollar itu di sekitar Rp 9,200 jadi harga emas tertinggi wkt itu sekitar Rp 560ribuan. Itu aja udh rekor di Indonesia.

Lha sekarang ? Dollar di Rp 11.350 (kurs bank). Jadi kalau emas dunia naik ke USD 1,600 aja, emas bakal tembus Rp 580ribu / gram lho. Lbh tinggi dr thn 2011.

Apalagi kalo emas spt diprediksi banyak kalangan tembus USD 1,800/oz. Walah, itu kalau dikurs ke rupiah bisa melambung sampe Rp 650ribu/gram ! 

Nah, masih mau adem ayem aja ?,,,segera alihkan investasi anda ke emas,,apakah dalam bentuk emas batangan atau kepingan

Have a gold day

Wassalam

sumber : lyra puspa- pilar

0 komentar:

Posting Komentar