Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Sabtu, 07 Januari 2012

Arisan Dinar?...Yang adil dan menguntungkan....Interest?....

PDFPrintE-mail
Arisan Dinar ini dibangun dengan konsep arisan pada umumnya, hanya kelebihannya adalah, tidak mendasarkannya pada uang kertas, tapi lebih pada koin dinar emas itu sendiri.
Harga dinar emas sesuai dengan rate yang ada di situs http://www.golddinarjameela.blogspot.com/. Kemudian rate harga dinar emas pada saat membeli dinar emas , misalnya dibagi 7 untuk kemudian masing-masing orang membayarkan sesuai hasil bagi tersebut. Artinya, satu orang anggota membayar 1/7 dinar emas setiap bulannya.

Siapa yang giliran mendapatkan dinar tersebut setiap bulannya???, bisa melalui kocokan kertas, atau gambreng saja sudah cukup.
Pertanyaan  yang mungkin muncul adalah, jika tidak didasarkan pada uang kertas, maka setiap bulan masing-masing anggota akan membayarkan uang arisan yang berbeda? Tentu saja. Terkadang membayar Rp 350.000,-, terkadang pula hanya Rp 320.000,-. Tergantung rate dinar emas saat itu.

Adilkah?

Justru di sinilah letak keadilan itu.
Uang kertas hanyalah alat tukar transaksi yang mudah tergerus oleh inflasi. Uang Rp 50.000,- pada bulan Januari 2012, tidak lagi sama dengan uang Rp 50.000,- pada bulan Desember 2012. Kasihan sekali mereka yang mendapatkan arisan paling belakangan, karena nilai uangnya tidak lagi sama dengan nilai uang yang didapatkan oleh mereka yang sudah dapat arisan lebih awal. Mungkin pada bulan Januari 2012, dengan uang Rp 50.000 kita bisa membeli beras lima kilogram. Tapi di bulan Desember 2012, apakah dengan uang Rp 50.000, kita masih bisa mendapatkannya? mungkin ya mungkin tidak.
Berbeda dengan koin dinar emas (1 dinar = 4,25 gram emas, 22 karat). Jika saat ini kita bisa naik haji dengan 50 dinar, maka insya Allah pada 10 tahun yang akan datang, kita masih bisa naik haji dengan 50 dinar pula, atau bahkan lebih murah dari itu.

Mengapa? Karena harga-harga terus naik atau terinflasi.
Konsekuensinya, dengan objek arisan berupa dinar emas, seluruh peserta arisan sepakat bahwa satuan rewardnya berupa keping dinar emas tertentu, misalnya 1 keping, sehingga setoran terus menyesuaikan. Siapa yang mendapatkan arisan di awal 1 keping dinar emas , nilainya sesungguhnya tetap dibanding siapapun yang mendapatkannya di akhir periode.
Demikian konsep arisan dinar emas. Hal ini untuk memudahkan bagi mereka yang ingin berinvestasi dengan dinar emas ataupun memproteksi kekayaannya dalam bentuk dinar emas.

Selain itu, beberapa kelebihan arisan dinar emas adalah :

1. Langsung bernilai investasi
Arisan berupa uang cenderung lebih mudah dibelanjakan, apalagi jika diadakan di mal dan pusat perbelanjaan, dimana godaan belanja siap mengahadang jalur pulang si pemenang arisan. Dalam bentuk fisik dinar emas, kita cenderung menyimpannya baik-baik.

2. Ajang silaturrahim dan investasi yang seru serta menyenangkan
Arisan bisa diatur biaya setorannya sesuai kesanggupan peserta. Dalam bungkus suasana yang bergembira, setoran arisan mungkin tak terlalu terasa menyiksa. Ketika saat berkumpul tiba, silaturrahim dibangun dan diperkuat. Asal tanpa gossip dan pembicaraan yang sia-sia, perjumpaan saat arisan bisa jadi sarana memperkuat ukhuwah, saling menasihati serta mendorong dalam kebaikan.
Satu tantangan dalam pelaksanaan arisan dinar emas adalah tentang disiplin setoran. Seringkali, niat awal yang menggebu kandas di tengah jalan karena tak ada yang bersedia untuk luangkan waktu lebih mengelolanya, atau karena anggota arisannya tak aktif lagi entah kemana.
Oleh sebab itu, sebagai modal awal, peserta arisan disarankan berasal dari satu kelompok/ komunitas yang telah :
-       Saling kenal sebelumnya
-       Terikat satu sama lain, mungkin disatukan minat (misal: investasi syariah), kegiatan (misalnya pengajian), lokasi (misalnya perumahan atau kantor), pekerjaan (misalnya : sesama akuntan atau guru di suatu yayasan pendidikan), organisasi (misal : asosiasi, ormas) maupun almamater tertentu
-       Sepakat untuk saling bertemu secara periodik untuk pengocokan
-       Sepakat untuk saling membantu penguatan finansial satu sama lain dengan jalan arisan

Selain mengenai kesepakatan di atas, jalur komunikasi dan adanya pengurus arisan juga penting untuk membuat arisan berjalan baik dan lancar. Bagaimana pengaturan kepesertaaan arisan, bagaimana mekanisme transaksi, apa saja objek arisan untuk investasi ini, berapa jumlah setoran, dan lainnya..

Wallahu alam....sebagai agent dinar resmi di Jakarta Barat..kami siap melayani investasi dinar emas dan dirham perak....

0 komentar:

Posting Komentar