Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Senin, 16 Januari 2012

Dinar-Dirham >> Perangi Riba



Akan datang suatu masa kepada umat manusia ketika tidak akan ada yang tersisa kecuali akan menggunakan dinar (emas) dan dirham (perak)
(Muhammad SAW, HR Imam Ahmad ibn Hambal)

Apa Dinar dan Dirham?



Dinar adalah emas dengan kadar 22 karat seberat 4,25 gram
Dirham adalah perak murni dengan berat 2,975 gram
Dinar yang dimaksud bukanlah uang kertas di negara Irak.

Emas dan perak tersebut telah digunakan sebagai mata uang sebelum Islam dan setelah Islam datang.

Dinar adalah satuan yang digunakan dalam menghitung zakat mal sehingga menghidupkan dinar sebagai bentuk syariat Islam tentunya akan mendapatkan balasan dari Alloh SWT.

Kekuatan dinar dan dirham sebagai mata uang (store value)
Pada zaman Rasulullah, seekor kambing bisa dibeli dengan satu dinar. Saat ini pun seekor kambing masih bisa dihargai dengan 1 Dinar (Nilai 1 Dinar per januari 2012 adalah Rp 2.250.000)

Pada Bulan mei 2011 saya membeli dinar dengan harga Rp 1.700.000,-. Andai saat itu saya tidak jadi membeli dinar dan memilih untuk menyimpan uang rupiah tersebut maka saat ini uang saya telah menurun daya belinya karena inflasi., sekarang hanya bernilai sekitar tiga perempat dinar (harga 1 Dinar per januari 2012  adalah Rp 2.250.000). Segala puji bagi Alloh yang telah mengenalkan dinar kepada kehidupanku.

Dengan kekuatan dinar dan dirham maka perlu dipertimbangkan untuk mengganti kebiasaan menabung uang kertas di bank dengan kebiasaan menabung secara bertahap koin dinar dan dirham. Kecuali untuk dana jangka pendek, uang kertas masih diperlukan. Sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang seperti biaya perjalanan ibadah haji, biaya pendidikan anak dan tabungan pensiun perlu dipertimbangkan menabung dalam bentuk dinar.



Meskipun demikian, dinar dan dirham bukanlah untuk ditimbun sehingga tidak berputar dalam masyarakat. Niatkan pula untuk mengedarkan dinar ke dalam masyarakat sehingga tercipta keadilan dan bebas dari riba. Untuk membuat masyarakat menerima dinar dan dirham, terlebih dulu kenalkanlah mereka dengan dinar dan dirham.

0 komentar:

Posting Komentar