Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Jumat, 28 Desember 2012

22 Desember, 22 keping dinar emas..Realita antara kasih ibu sepanjang zaman.




By : Arifin - golddinarjameela

Petamburan,22 desember 2012..waktu dah beranjak malam,,,ada sms buat saya...isinya ; Pak, apa bisa datang ke rumah sekarang juga, ada orang tua saya berminat untuk membeli kepingan dinar emas...ditunggu yaa pak..

Okey..balas saya...sepuluh menit kemudian saya sudah sampai di rumah nasabah saya..

Di depan rumah, saya disambut oleh seorang nenek dan beberapa keluarganya...dan langsung minta dijelaskan konsep dinar emas..ternyata malam kemarin sang nenek baru saja melihat siaran televisi tentang redenominasi mata uang, dimana uang 1000 rupiah menjadi 1 rupiah dan uang satu juta hanya menjadi seribu rupiah....ini menjadi momok buat sang nenek...dimana sejarah masa lalu membuat arti yang berbekas sampai saat ini...dimana pada tahun 60-an, nilai barang juga mengalami kasus yang sama...baca tulisan sebelumnya http://www.golddinarjameela.com/2012/12/redenominasi-ketika-mata-uang-di-reset.html

Contoh : uang senilai Rp.2000 menjadi Rp.2 saja..tetapi untuk membeli barang yang senilai 2000 di masa normalnya, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 2,5...artinya ada selisih sekian persen ( efek inflasi atau apalah namanya )

Mulailah saya menjelaskan bahwasanya nilai dinar emas itu stabil, dan Insya Allah mewakili beberapa hal, di antaranya dapat kami uraikan di bawah ini. 

1.     Dinar Emas Untuk Syiar Islam 

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda, "Tidak ada kewajiban zakat atas harta emas yang belum sampai 20 dinar. Apabila telah sampai 20 dinar, maka zakatnya adalah setengah dinar. Demikian juga perak tidak diambil zakatnya sebelum sampai 200 dirham yang dalam hal ini zakatnya adalah 5 dirham."

(1 dinar= 4,25 gram, jadi 20 dinar=85 gram)

(1 dirham=2,975 gram, jadi 200 dirham=595 gram)
 "Dipotong tangan seorang pencuri pada pencurian seperempat dinar ke atas." (HR. Bukhari)
Kalaulah dinar emas tidak tersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat, tentu kita akan bertanya-tanya “1 dinar itu berapa rupiah?” 

2.     Zero Inflation Effect 
Harga dinar emas tidak selamanya naik melainkan fluktuatif terhadap mata uang (grafik harga dinar dapat dilihat di halaman utama website ini). Namun secara jangka panjang harga dinar emas selalu mempunyai kecenderungan meningkat. 
Ketika harga dinar emas turun, pastilah harga komoditi yang lain seperti minyak, gandum dll juga ikut turun.

Diriwayatkan dari ‘Urwa : “Bahwa Nabi memberinya satu Dinar untuk membeli domba untuk beliau. ‘Urwa membeli dua ekor domba untuk beliau dengan uang tersebut. Kemudian dia menjual satu ekor domba seharga satu Dinar, dan membawa satu Dinar tersebut bersama satu ekor dombanya kepada Nabi. Atas dasar ini Nabi berdoa kepada Allah untuk memberkahi transaksi ‘Urwa. Sehingga ‘Urwa selalu memperoleh keuntungan (dari setiap perdagangannya) – bahkan seandainya dia membeli debu” (HR Ahmad) 

Pada zaman Rasulullah harga kambing di kisaran 1-2 dinar, sekarangpun dgn 1-2 dinar (saat ini Rp 2,2 jutaan) masih bisa untuk membeli kambing. 
Bandingkan dengan rupiah yang 40 tahun lalu harga kambing di kisaran Rp 800, sekarang sudah jutaan rupiah, menurut data statistik dan prediksi 40 tahun yg akan datang harga kambing akan berada di kisaran Rp 5,5 milyar! 

3.     
      Dinar Emas Sangat Cocok Untuk Investasi/Tabungan Jangka Panjang 
Tabungan Pendidikan Anak 

Berikut sedikit cerita tentang orang yang kecewa degan asuransi pendidikan,,bukan asuransinya yang salah..tapi memang nilai rupiahnya saja yang semangking jatuh nilainya...

“Saya seorang yang merasakan langsung tak berdayanya nilai pertanggungan asuransi dalam rupiah yang pernah saya ikuti. Saya ikut asuransi pendidikan mulai tahun 1988. Pada 2006 saya mendapatkan nilai tebus yang dijanjikan pihak asuransi yaitu Rp 22,5 juta. Sebuah nilai yang saya anggap besar ketika pertama kali join di asuransi pendidikan dulu. 
Ternyata uang itu tak bernilai ketika anak saya harus masuk ITB yang uang masuknya ketika itu Rp 45 juta. 

Setelah mengenal Dinar Islam sebagai penyimpan asset dan instrument investasi, saya kembali menghitung. Seandainya premi asuransi saya secara bertahap saya alihkan dalam bentuk Dinar, maka pada tahun 2006 itu saya akan memiliki 227 keping Dinar yang setara dengan Rp 161.000.000 !! 

4.     Tabungan Haji
Haji ONH biasa
Tahun 2000 – 70 dinar
Tahun 2009 – 26 dinar
Tahun 2015 – 15 dinar (prediksi)


4. Dinar Emas Mudah Didapat dan Sangat Liquid
Properti mungkin bisa dijadikan pilihan untuk investasi jangka panjang, tetapi kelebihan dinar adalah sangat liquid. Berbeda dengan properti yang terkadang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjualnya, dinar emas bisa ditukar uang hari itu juga. 
Bahkan dengan semakin banyaknya pengguna dinar, transaksi dapat dilakukan dengan sesama pengguna. 

Sekarang berbaliknya giliran sang nenek bercerita pengalaman hidupnya...
1.  Tahun 1995, beliau melaksanakan ibadah haji sebesar 7,5 juta rupiah yang setara dengan  60 dinar emas ( 1 dinar saat itu sebesar Rp.125.00,- )

2.     Sekarang di tahun 2012, dengan ONH sebesar 35 juta rupiah,,dan 1 dinar senilai 2,2 juta maka ONH hanya senilai 16 kepingan saja..
Jadi kesimpulannya ONH semangking turun tiap tahunnya....





Ongkos pendidikan anak-anak juga ,,Insya Allah akan turun...Setelah mendengar penjelasan tersebut,,,sang nenek mengeluarkan sebungkus plastik kresek,,,ini ada uang 50 juta rupiah,,,kira2 bisa dapat berapa keping yaaa?...dengan nilai hari itu sebesar 2,275 juta maka insya Allah dapat senilai 22 keping dinar emas..Hari ini nenek beli dinar emasnya yaaa...dengan tujuan :
1.   Sebagai tabungan, ketika nenek sakit ...tolong dapat ditukarkan dinar emas ini dengan uang kertas buat menebus biaya pengobatan
2.   Bila nanti sudah tidak ada umur,,,tolong dapat ditukarkan untuk biaya pemakaman, dana untuk sedekah, dan haul...saya tidak mau merepotkan anak-anak saya3.   
Bila point2 di atas sudah tercapai...dan bila dinar emas saya masih cukup...saya peruntukan untuk biaya pendidikan cucu-cucu saya...yang masih kecil-kecil,,minimal mereka bisa menempuh pendidikan yang selayaknya...bila saja cucu2nya tersebut masih 12 tahun lagi menempuh pendidikan SMA..berarti di tahun 2024...estimasi saya saat itu dinar emas ekitar 15 juta per kepingnya...22 keping emas bisa bernilai 330 juta rupiah....Insya Allah cukup untuk pendidikan cuc2nya


Saya terima uangnya,,,dan esok paginya mengikuti harga dinar pagi hari..saya antarkan 22 keping dinar emas..11 keping ANTAM dan 11 keping PERURI..dan sebagai bonus tambahan , tidak saya lampirkan sekeping dirham perak sebagai kenang- kenangan dari saya..

Melihat kasih sayang ibu dalam memikirkan masa depan cucunya..tidak terbatas pada anaknya saja...memikirkan pendidikan terbaik buat cucu2nya..memang tidaklah salah bahwasannya kasih ibu sepanjang zaman...bagaimana kita dengan ibu kita?..Insya Alah tidak sepanjang jalan


Wallahu alam bisshawab..Have a gold day

Tanah-abang, 28 desember 2012








0 komentar:

Posting Komentar