Pergerakan dinar

Tabungan M-Dinar

Jumat, 12 Oktober 2012

Nabung dinar emas nyokkkk!!!



Ketika saya memilih untuk memulai terjun ke dunia bisnis emas, terutama dinar emas ternyata telah mendorong saya untuk lebih banyak mengobrak-abrik berbagai seluk beluk di dalamnya. Dan yang pasti ternyata memang masih banyak hal yang saya belum ketahui sebelumnya. Seperti halnya saat ini, ketika berulang kali saya menuliskan beberapa artikel mengenai tabungan dinar emas, ternyata banyak juga orang yang bertanya tentang bagaimana perbedaannya dengan tabungan emas biasa atau orang lebih menyebutnya emas batangan yang ada di bank?. Dan ini juga yang menginspirasi saya untuk kemudian mencari tahu, apa sih bedanya kedua tabungan ini?



Tabungan Emas v.s Tabungan Dinar Emas

Berikut saya akan tuliskan perbedaan keduanya untuk anda.

Meskipun sama-sama berupa emas, namun ternyata karena mungkin keberadaannya di negeri kita emas batangan lebih dulu dibandingkan koin dinar emas, telah menjadikan produk tabungan emas lebih dikenal di masyarakat. Sedangkan untuk tabungan dinar emas sendiri yang baru dikembangkan oleh jaringan Gerai Dinar melaui produk tabungan M-Dinar masih belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Saya berkesempatan untuk lebih mengetahui sistem tabungan emas yang ternyata sudah ada di salah satu bank syariah di Indonesia.

Berapa berat emas batangan yang akan anda beli melalui bank tersebut menjadi satu landasan untuk memulai sistem tabungan ini. Selanjutnya anda hanya akan dikenakan biaya sekian persen untuk membayar uang muka atas pembelian emas batangan tersebut. Sedangkan untuk sisanya tentu saja akan dibayar dulu oleh bank tersebut.


Lalu bagaimana cara kita menabung? Ternyata istilah tabungan disini menggantikan istilah cicilan. Jadi anda selanjutnya diharuskan untuk mencicil berapa sisa yang telah dibayar oleh bank tersebut dalam jangka waktu tertentu. Besarannya tentu saja disesuaikan dengan perjanjian waktu yang disepakati. Namun ada yang harus diketahui juga, ketika kita menabung emas atau membayar cicilan emas tersebut, kita juga akan dikenakan biaya administrasi yang diberlakukan per kontrak. Misalnya jika satu periode kontrak adalah 4 bulan lalu perjanjian tabungan kita adalah 1 tahun, maka kita akan dikenakan biaya administrasi sebanyak 4 kali dalam setahun tersebut.

Lalu apakah ada biaya lain lagi? Ya, selain itu anda juga akan dikenakan biaya Ijaroh atau biaya sewa tempat. Berapa besarannya tentu akan diberlakukan sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Keuntungan dalam sistem ini adalah flat-nya besaran cicilan tabungan yang akan kita bayar dari setiap bulannya. Sehingga jika harga emas kemudian naik anda tidak usah khawatir harus membayar lebih mahal.

Lalu bagaimana dengan tabungan dinar emas?


Tabungan dinar emas adalah layaknya tabungan biasa, bukan tabungan berjangka yang dibatasi oleh waktu. Kapanpun anda bisa menabung tidak usah menunggu periode stiap bulan atau berapa lama.

Untuk besarannya juga tentu tidak akan diberlakukan nilai tertentu, anda terserah mau menabung berapa banyak juga karena ini murni tabungan, bukan cicilan. Saya kira ini lebih adil karena berapa banyak koin dinar emas yang kita tabung sesuai dengan kemampuan kita untuk menabungnya di waktu itu.

Kemudian, jika anda menabung dinar emas tidak ada istilah biaya administrasi, tidak ada potongan terhadap setiap transaksi maupun potongan biaya perbulan. Dan untuk biaya Ijaroh atau biaya penyimpanan, anda juga tidak usah khawatir, tidak ada biaya tersebut disini.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana tingkat keamanannya? Saat ini memang belum ada bank yang menyelenggarakan produk tabungan dinar emas, sehingga saat ini produk tabungan dinar emas tersebut diselenggarakan oleh Gerai Dinar, sebuah lembaga penyaluran dinar emas yang diproduksi oleh PT. Antam.



Untuk sistem keamanannya sendiri jika di bank ada Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) sedangkan untuk dinar emas yang anda simpan di Gerai insyaAlloh meski tidak dijamin oleh LPS namun tetap diasuransikan. Jadi insyaAlloh simpanan anda tetap aman. Semoga bermanfaat



Selamat berinvestasi, semoga barokah,,,Wallahu alam bisshawab

Bamboo city, october 2012

0 komentar:

Posting Komentar